9 VPN Terbaik Untuk Indonesia 2022 (diberi peringkat dan ditinjau)

Tidak perlu berkompromi pada pilihan VPN Anda jika Anda adalah penggemar Microsoft, baik Anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11.

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Jaringan pribadi virtual dapat membantu memaksimalkan keamanan dan anonimitas Anda secara online.

Baik Anda bekerja dari jarak jauh atau hanya ingin memaksimalkan privasi online Anda, VPN, atau jaringan pribadi virtual, sangat penting untuk menjaga keamanan informasi Anda. Begini cara kerjanya: VPN mengenkripsi koneksi antara Anda dan internet, menjaga kebiasaan menjelajah Anda tetap pribadi dan kehidupan online Anda tersembunyi dari pengintaian.

Semakin banyak orang mulai menyadari nilai VPN, yang berarti banyak pilihan baru bermunculan di pasar. Tetapi tidak setiap layanan VPN menawarkan tingkat kinerja yang sama. Itu bisa menyulitkan untuk menemukan layanan VPN terbaik untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Di situlah panduan VPN terbaik kami masuk.

Apa itu VPN?

Jaringan pribadi virtual komersial adalah teknologi yang memungkinkan Anda membuat koneksi pribadi melalui jaringan yang tidak terlalu pribadi dengan membuat terowongan terenkripsi antara komputer Anda dan internet. Anda dapat menginstal VPN seperti halnya aplikasi atau program lain di ponsel cerdas atau komputer Anda. VPN memungkinkan Anda mengatasi sensor di negara Anda atau mengakses konten media yang dibatasi secara geografis dari negara lain — dan mencegah penyedia layanan internet Anda untuk mengganggu privasi Anda dengan mengintip penjelajahan web Anda. VPN melakukan ini dengan memungkinkan Anda tampil seolah-olah Anda terhubung dari lokasi atau negara yang berbeda. 

Sebuah  VPN  sangat bagus untuk siapa saja yang menggunakan publik, terlindungi Wi-Fi, seperti apa yang ditawarkan di bandara, bar atau kedai kopi. VPN Anda melindungi informasi sensitif Anda — dari proyek kerja Anda hingga informasi login rekening bank — agar tidak terlihat oleh pelaku jahat yang menjaring jaringan Wi-Fi publik. Saat Anda menjelajahi internet saat menggunakan VPN, komputer Anda akan menghubungi situs web melalui koneksi terenkripsi VPN Anda. VPN kemudian akan meneruskan permintaan untuk Anda dan meneruskan tanggapan dari situs web kembali melalui koneksi amannya.

Untuk bantuan VPN yang lebih berfokus pada pemula, kami telah menguraikan beberapa jargon dalam panduan kami untuk  semua istilah VPN yang perlu Anda ketahui . 

Apakah saya memerlukan VPN?

Orang yang mengakses internet dari komputer, tablet, atau smartphone akan mendapat manfaat dari penggunaan VPN. Layanan VPN hampir selalu akan meningkatkan privasi Anda dengan mengenkripsi aktivitas online Anda. Komunikasi yang terjadi antara server VPN dan perangkat Anda dienkripsi, sehingga penyedia layanan internet atau seseorang di jaringan Wi-Fi Anda yang memata-matai Anda tidak akan tahu halaman web mana yang Anda akses. Mereka juga tidak akan dapat melihat informasi pribadi seperti kata sandi, nama pengguna, dan detail bank atau belanja, dan sebagainya. Siapa pun yang ingin melindungi privasi dan keamanan online mereka harus menggunakan VPN.

Apakah semua yang saya gunakan memerlukan VPN?

Jika tujuan Anda adalah untuk melindungi data pribadi Anda dari pengintaian, Anda menginginkan VPN untuk apa pun yang Anda gunakan. Itu berarti memiliki VPN untuk  melindungi laptop ,  ponsel ,  Xbox,  dan smart TV Anda. 

Jika tujuan Anda adalah menggunakan VPN untuk mendapatkan akses ke layanan streaming yang telah dibuat tidak tersedia di negara Anda karena alasan apa pun, Anda menginginkan VPN pada apa pun yang Anda gunakan untuk mengakses layanan streaming tersebut. Ini bisa sesederhana  VPN untuk browser Chrome Anda  atau  menyiapkan VPN untuk Amazon Fire TV Stick Anda . 

Apa pun alasan Anda menginginkan VPN, biasanya ada baiknya untuk menyiapkannya di sebanyak mungkin hal yang terhubung ke web Anda. 

Bagaimana cara memilih VPN yang tepat untuk saya?

Kami terus mengawasi bagaimana masing-masing penyedia VPN berdiri dibandingkan dengan pesaingnya, serta layanan VPN baru apa pun yang mungkin tersedia. Kami telah membuat katalog layanan VPN kami yang paling direkomendasikan hingga saat ini — dan juga mencantumkan beberapa pilihan VPN yang kurang layak, berdasarkan pengujian kami. Kami akan memperbarui panduan VPN ini secara berkala saat pesaing baru memasuki pasar.

Konon, lanskap VPN bisa membingungkan dan membingungkan. Berikut adalah beberapa tip cepat, yang masing-masing terhubung ke diskusi yang lebih mendalam.

Jangan gunakan layanan VPN gratis :  Anda hanya akan menemukan opsi VPN berbayar di bawah ini karena hanya itu yang dapat kami rekomendasikan. 

Cari VPN tanpa log, tetapi pahami peringatannya: VPN terbaik menyimpan log sesedikit mungkin dan menjadikannya anonim mungkin, jadi hanya ada sedikit data yang harus disediakan jika pihak berwenang datang. Tetapi bahkan VPN “tanpa pencatatan” tidak 100% anonim.

Transparansi VPN itu penting, tetapi kenari waran hanyalah permulaan: Banyak layanan menggunakan “kenari waran” sebagai cara untuk secara pasif memberi tahu publik apakah mereka telah dipanggil oleh entitas pemerintah atau tidak, seperti banyak investigasi dari keamanan nasional lembaga tidak dapat secara aktif diungkapkan oleh hukum. Tapi – seperti masalah larangan penebangan – kenari waran tidak selalu semudah kelihatannya. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk menyelidiki apakah calon VPN Anda telah bekerja sama dengan pihak berwenang di masa lalu — dan bagaimana dan kapan fakta itu diungkapkan.

Berpikir dua kali untuk menggunakan VPN yang berbasis di AS: Patriot Act masih merupakan hukum negara di AS, dan itu berarti VPN yang berbasis di AS memiliki sedikit pilihan jika dan ketika FBI muncul dengan panggilan pengadilan atau  surat keamanan nasional  di tangan yang menuntut akses ke server, akun pengguna VPN, atau data lainnya. Ya, mereka mungkin memiliki sedikit data untuk diakses jika layanan memiliki kebijakan larangan pencatatan yang kuat, tetapi mengapa tidak memilih layanan yang berbasis di luar yurisdiksi Paman Sam? (Jika ini menjadi perhatian Anda, Anda sebaiknya menghindari negara-negara yang juga memiliki perjanjian berbagi intelijen dengan AS.)

Setelah meneliti dan menguji banyak layanan VPN, kami menyusun daftar penyedia VPN yang melakukan pekerjaan terbaik dalam menjaga informasi online Anda benar-benar aman. Saat menentukan VPN terbaik, ada banyak detail yang perlu dipertimbangkan. Dalam sistem peringkat dan pengujian kami saat ini  , kami mengevaluasi lebih dari 20 faktor, termasuk harga, keamanan, kinerja, kemudahan akses jarak jauh, jumlah lokasi server, batas bandwidth, pencatatan, IP khusus dan dinamis, perangkat lunak VPN klien, dan dukungan pelanggan. Di bawah, kami telah mencantumkan opsi VPN terbaik Anda, termasuk nama populer seperti  ExpressVPN ,  Surfshark ,  IPVanish  dan  NordVPN . 

VPN terbaik saat ini

Mari kita lihat masing-masing vendor VPN kami di bawah ini secara lebih mendalam. Ingatlah bahwa ini adalah daftar yang berkembang: Ini terus diperbarui. Kami secara aktif bekerja pada lebih banyak pengujian dan penelitian VPN, jadi harap panduan ini berubah sepanjang tahun karena penggunaan jaringan pribadi virtual kami terus berlanjut dan kami menempatkan setiap opsi melalui langkahnya.

Daftar di bawah ini menyajikan favorit kami dalam peringkat keseluruhan; jika Anda ingin melihat setiap VPN teratas dinilai berdasarkan kriteria yang lebih spesifik, lihat tautan di bawah ini.

Anda sebagian besar akan menemukan nama yang sama seperti yang Anda lihat di sini, tetapi kami akan menyebutkan kapan dan di mana ciri-ciri tertentu membuat pilihan yang lebih baik dalam evaluasi yang lebih sempit.

Penghargaan Pilihan Editor untuk VPN terbaik

1. ExpressVPN – Kecepatan luar biasa, privasi terbukti

Gambar
  • Jumlah alamat IP: 30.000
  • Jumlah server: 3.000-plus di 160 lokasi
  • Jumlah koneksi simultan: 5
  • Negara/yurisdiksi: Kepulauan Virgin Britania Raya
  • 94-plus negara

Gratis tiga bulan dengan paket satu tahun, ditambah satu tahun gratis backup cloud Backblaze  (penawaran waktu terbatas)

ExpressVPN memberi tahu kami bahwa jaringannya didukung oleh teknologi TrustedServer, yang dibuat ExpressVPN untuk memastikan bahwa tidak pernah ada log aktivitas online pengguna. Di dunia privasi, ExpressVPN memiliki rekam jejak yang kuat, setelah mengalami penyitaan server oleh pihak berwenang yang membuktikan kebijakan nol-lognya benar pada saat itu. Kami juga menyukai kualitas panduan penyiapan VPN dan informasi mendetail di FAQ-nya. 

Sementara kecepatannya secara konsisten bersaing dengan pesaing berat, tes kecepatan 2020 kami   melihat ExpressVPN menghasilkan kerugian keseluruhan 52% dari kecepatan internet normal kami, mewakili perlambatan yang signifikan dibandingkan dengan skor 2019 kehilangan kecepatan 2%. 

Seperti lima layanan VPN teratas lainnya yang telah kami ulas, ExpressVPN menawarkan fitur mematikan yang berguna yang mencegah data jaringan bocor di luar terowongan VPN amannya jika koneksi VPN gagal. Namun, tidak seperti yang lain, ExpressVPN memperoleh poin dari kami atas dukungannya terhadap Bitcoin sebagai metode pembayaran — sesuatu yang tidak semua favorit kami tawarkan, tetapi yang menambahkan lapisan privasi tambahan saat checkout.

Perusahaan telah menjalankan bisnis sejak 2009, dan ExpressVPN memiliki jaringan besar server VPN cepat yang tersebar di 94 negara. Paket terbaiknya dihargai kurang dari $7 per bulan untuk paket tahunan, yang mencakup tiga bulan gratis. 

Baca ulasan ExpressVPN kami

2. Surfshark – Pemimpin kecepatan, dikemas dengan fitur

Gambar
  • Jumlah server: 3.200-plus
  • Jumlah lokasi server: 65
  • Yurisdiksi: Kepulauan Virgin Britania Raya

$2,49 sebulan (diskon 81%) untuk paket dua tahun

Meskipun jaringan Surfshark lebih kecil dari beberapa jaringan, layanan VPN menyempurnakan fitur dan kecepatannya. Mari kita mulai dengan kemenangan terbesar yang ditawarkannya: dukungan perangkat tanpa batas. Jika Anda ingin menjalankan seluruh rumah atau kantor Anda di VPN Surfshark, Anda tidak perlu khawatir tentang berapa banyak perangkat yang Anda miliki atau hubungkan. Ia juga menawarkan antimalware, pemblokiran iklan, dan pemblokiran pelacak sebagai bagian dari perangkat lunaknya.

Dan itu cepat. Dengan lebih dari 3.200 server di 65 negara, kami kehilangan kurang dari 17% kecepatan internet rata-rata selama pengujian kecepatan terbaru kami  . Itu lebih cepat daripada penurunan kecepatan 27% yang kami lihat dalam pengujian sebelumnya, dan mendorongnya di depan ExpressVPN untuk menjadi yang terdepan saat ini dalam perbandingan kecepatan kami.

Surfshark umumnya menerima nilai tinggi ketika ekstensi Chrome dan Firefox-nya  diaudit untuk privasi  oleh firma keamanan Jerman Cure 53 ( tautan PDF laporan lengkap ) — meskipun audit itu ditugaskan oleh Surfshark.

Perusahaan ini memiliki berbagai dukungan aplikasi yang solid, berjalan di Mac, Windows, iOS, Android, Fire TV, dan router. Perangkat tambahan seperti  konsol game  dapat dikonfigurasi untuk Surfshark melalui pengaturan DNS. Kami sangat menyukai fitur yang memungkinkan Anda memasukkan aplikasi dan situs web tertentu ke daftar putih untuk secara otomatis memintas VPN. Untuk beberapa penggunaan bisnis, ini bisa menjadi sangat penting. 

Surfshark juga menawarkan tiga mode khusus yang dirancang untuk mereka yang ingin menghindari batasan dan lebih berhati-hati menyembunyikan langkah online mereka. Mode Kamuflase menutupi aktivitas VPN Anda sehingga ISP Anda tidak tahu bahwa Anda menggunakan VPN. Multihop melompat koneksi Anda melalui beberapa negara untuk menyembunyikan jejak Anda. Terakhir, Mode NoBorders “memungkinkan [Anda] berhasil menggunakan Surfshark di wilayah terbatas.” Hati-hati. Melakukan salah satu dari tiga hal ini dapat menjadi ilegal di negara Anda dan dapat mengakibatkan hukuman berat. Selama pengujian kami, kami tidak melihat satu pun alamat IP atau kebocoran DNS, dan tidak mengalami kesulitan mengakses Netflix. 

Tidak seperti banyak penyedia VPN lainnya, Surfshark tidak menawarkan paket satu tahun. Penawaran terbaiknya adalah $2,49 per bulan, untuk paket dua tahun (Anda membayar sekitar $60 di muka). Paket enam bulan adalah $6,49 per bulan (sekitar $39 di muka), dan paket bulan ke bulan adalah $12,95 per bulan. Manfaatkan uji coba 30 hari yang murah hati untuk memutuskan apakah Anda menyukai layanan ini (dan jika Anda memilih paket dua tahun, mungkin atur pengingat dalam 23 bulan untuk melihat apakah Anda dapat membicarakannya dengan tingkat diskonto lanjutan).

Baca ulasan VPN Surfshark kami .

3. NordVPN – VPN terbaik untuk keandalan dan keamanan

Gambar
  • Jumlah alamat IP: 5.000
  • Jumlah server: 5.200-plus server
  • Jumlah lokasi server: 62
  • Negara/yurisdiksi: Panama
  • 62 negara

$3,67 sebulan (diskon 69%) untuk paket dua tahun

NordVPN adalah salah satu merek yang paling dikenal di bidang VPN. Ini menawarkan jumlah koneksi simultan yang murah hati, dengan enam koneksi simultan melalui jaringannya, di mana hampir semua penyedia lain menawarkan lima atau lebih sedikit. NordVPN juga menawarkan opsi IP khusus, bagi mereka yang mencari tingkat koneksi VPN yang berbeda. NordVPN menawarkan fitur kill-switch, dan kemampuan untuk VPN ke Tor. Kami mendeteksi tidak ada kebocoran privasi selama pengujian kami.

Dalam tes kecepatan terbaru kami  , kinerja NordVPN setara dengan banyak pesaingnya, mengurangi kecepatan kami rata-rata sebesar 53% (yang lebih lambat dari kerugian 32% yang diukur dalam tes kecepatan sebelumnya). Kami menemukan kecepatan NordVPN sangat cepat. Tidak pernah ada penurunan tiba-tiba atau gangguan layanan, dan di mana kami mengharapkan VPN berkinerja buruk, itu membuktikan dirinya untuk tugas itu.

Paket berlangganan VPN dua tahun perusahaan  saat ini berharga $3,67 per bulan  ($99 ditagih sekaligus). Harga itu lebih rendah dari kebanyakan pesaing, tetapi merayap naik untuk paket satu tahun ($4,92 per bulan atau total $59) dan paket bulanan ($11,95 per bulan). Tapi itu memang memiliki kebijakan pengembalian dana 30 hari penuh. 

Meskipun NordVPN telah lama berada di daftar ini, kami memindahkannya ke kotak penalti pada Oktober 2019 untuk mengevaluasi kembali rekomendasi kami setelah muncul laporan bahwa salah satu server sewaannya  diakses tanpa izin pada tahun 2018 . Tindakan Nord setelah penemuan itu termasuk — pada akhirnya — beberapa audit keamanan, program bug bounty, dan investasi yang lebih besar dalam keamanan server. 

Meskipun kami lebih suka jika Nord telah mengungkapkan masalahnya lebih awal, fakta bahwa  pelanggaran itu bersifat terbatas dan tidak melibatkan informasi pengenal pengguna yang  berfungsi untuk memverifikasi lebih lanjut bahwa NordVPN tidak menyimpan catatan aktivitas pengguna. Akibatnya, Nord tetap berada di daftar ini sebagai vendor yang direkomendasikan. 

Baca ulasan NordVPN kami

4. ProtonVPN – Standar keamanan tinggi dengan kecepatan tinggi

Gambar
  • Jumlah server: 1.259
  • 55 negara
  • Negara/yurisdiksi: Swiss
  • Jaminan uang kembali 30 hari

Paket Plus: $8 per bulan ($96 dikenakan biaya tahunan)

Saat kami menguji kecepatan ProtonVPN, kami melihat penurunan kecepatan 9,6% yang sangat kecil dibandingkan dengan kecepatan rata-rata tanpa VPN. Kecepatan dasar ProtonVPN mengirimkannya melampaui sebagian besar daftar layanan kami yang telah diuji dan menempati posisi kedua di belakang ExpressVPN. Yang lebih mengesankan adalah kemampuan Proton untuk mencapai kecepatan tersebut meskipun armada yang relatif kecil yaitu 1.259 server di 55 negara. Seperti ExpressVPN, Proton juga lebih mahal daripada kebanyakan VPN yang telah kami ulas. Meski begitu, standar keamanan ProtonVPN yang tinggi dan warisan transparansi dapat membuat opsi VPN ini sepadan dengan harganya. 

Bersama dengan opsi untuk mengirim lalu lintas Anda melalui bunker server pribadi yang aman, kami menyukai kebijakan transparansi ProtonVPN: Ini sepenuhnya open-source dengan  audit yang diterbitkan secara rutin , dan menyertakan rute bawaan ke VPN ke server Tor. Kami juga yakin merekomendasikan aplikasi selulernya karena telah menghilangkan penggunaan beberapa protokol keamanan yang lebih lemah, seperti PPTP dan L2TP, yang masih digunakan oleh beberapa VPN lain. 

Soal harga, kami ingin ProtonVPN turun sedikit. Paket standar ProtonVPN, yang disebut Plus, berjalan $8 per bulan ($96 dikenakan biaya tahunan). Harga tersebut lebih tinggi daripada ExpressVPN pemenang Penghargaan Pilihan Editor, yang paket terbaiknya dihargai  $6,67 per bulan untuk paket tahunan . Harga ProtonVPN juga dikalahkan oleh  paket dua tahun NordVPN seharga $3,75 per bulan ($45 setahun), dan paket dua tahun Surfshark seharga $2,95 per bulan ($30 setahun). Meskipun ProtonVPN menawarkan paket $4 per bulan, paket itu tidak dilengkapi dengan fitur yang cukup berharga untuk membuatnya kompetitif melawan NordVPN. 

Baca ulasan ProtonVPN kami

5. IPVanish – Pilihan VPN terbaik untuk pemula

Gambar
  • Jumlah alamat IP: 40.000-plus
  • Jumlah server: 1.600-plus
  • Jumlah lokasi server: 75-plus
  • Jumlah koneksi simultan: Tidak terbatas
  • Negara/yurisdiksi: AS

$5,20 sebulan (diskon 57%) untuk paket satu tahun

Kemenangan besar untuk IPVanish adalah antarmukanya yang menyenangkan dan dapat dikonfigurasi, yang menjadikannya klien yang ideal bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari cara memahami apa yang dilakukan VPN di bawah tenda. Fleksibilitas multiplatformnya juga ideal untuk orang-orang yang fokus menemukan VPN ramah-Netflix. 

Fitur unik dari IPVanish VPN, dan yang membuat kami tertarik, adalah dukungan VPN terhadap Kodi, aplikasi streaming media sumber terbuka yang dulu dikenal sebagai XBMC. Setiap penggemar media yang serius telah menggunakan atau membuat Kodi atau XBMC menjadi pemutar media, dan plug-in IPVanish Kodi yang terintegrasi menyediakan akses ke media di seluruh dunia.

Dengan  $10 per bulan atau $80 per tahun , IPVanish jelas mencoba menggerakkan Anda menuju program tahunannya. Kami sedikit kecewa karena hanya memungkinkan uji coba tujuh hari, bukan 30 hari penuh, tetapi ini menawarkan jaminan uang kembali penuh. Yang mengatakan, perusahaan mendapat pujian untuk peningkatan baru-baru ini dari 10 menjadi koneksi simultan yang sekarang tidak terbatas. Kami juga menyukai fitur pemutus koneksinya, suatu keharusan bagi siapa pun yang serius untuk tetap anonim saat berselancar. 

Baca ulasan IPVanish kami .

VPN lain yang telah kami uji

Tidak semua VPN bisa menjadi favorit. Ini adalah yang kami ulas, tetapi itu bukan rekomendasi menyeluruh karena satu dan lain alasan, termasuk fitur terbatas dan kekhawatiran tentang menyembunyikan identitas Anda secara memadai.

Gambar

Hotspot Shield

  • Server: 3.200-plus di 82 lokasi
  • Negara/Yurisdiksi: AS (anggota Five Eyes)
  • Platform: Windows, Android, MacOS, iOS, Linux, Amazon Fire TV
  • Harga: $8 per bulan atau $95,88 ditagih setiap tahun. Paket bulanan dengan harga $13

Protokol Hydra Catapult berbasis TLS dari Hotspot Shield VPN, yurisdiksi AS, dukungan enkripsi AES 128-bit, dan sebagian besar server virtual mungkin menghilangkan kepercayaan kami pada kemampuannya untuk memberikan lebih banyak perlindungan privasi daripada pesaingnya — tetapi itu semua adalah komponen kunci untuknya kemampuan untuk mencapai kecepatan luar biasa yang diberikannya selama tes kecepatan terbaru. 

Pada Mei 2021, ini adalah  VPN tercepat kedua yang pernah saya uji , dengan mudah menghadirkan media streaming yang lancar dan dapat menari di antara koneksi server tanpa henti, tidak peduli berapa banyak gangguan yang Anda lakukan. Kehilangan kecepatan 26% menempatkannya di posisi kedua, tertinggal dari  Surfshark  — yang hanya kehilangan 16,9% kecepatannya terakhir kali saya mengujinya — dan menjatuhkan  ExpressVPN  ke posisi ketiga dengan kehilangan kecepatan 51,8% pada pengukuran terakhir. Kehilangan kecepatan pada koneksi Inggris berada di bawah 8%, Gaming, torrent, browsing, streaming — layanan yang bergantung pada kecepatan ini tidak akan diperlambat untuk pengguna Hotspot Shield. 

Kami tidak senang dengan privasi dan keamanan Hotspot. Karena layanan menggunakan protokol Catapult Hydra berpemilik sumber tertutup  , alih-alih protokol OpenVPN open-source yang lebih transparan, kami ingin melihat Hotspot memberikan lebih banyak audit pihak ketiga kepada publik   — langkah yang diperlukan untuk mempercepat Hotspot dengan VPN yang diaudit secara rutin seperti TunnelBear. Baru-baru ini pada April 2021, situs ulasan VPNMentor menemukan  kebocoran DNS  di plug-in Hotspot Shield untuk Google Chrome. Hotspot mengakui masalah pada saat itu dan bertujuan untuk meningkatkan produk. 

Kami juga tidak senang dengan jumlah data pengguna yang dikumpulkan Hotspot, dan kebijakan privasinya. Dengan produk premiumnya, ia mengumpulkan dan menyimpan lebih banyak informasi tentang pengguna daripada kebanyakan VPN lainnya. Dan jika Anda menggunakan versi gratis produknya, ia membagikan informasi itu — bersama dengan data yang lebih terbatas, termasuk alamat MAC dan pengenal telepon spesifik Anda — dengan perusahaan periklanan. 

Meskipun antarmukanya ramah pengguna dan kecepatannya mendebarkan, menghabiskan waktu dengan Hotspot akan membuat dompet Anda sedikit lebih ringan daripada yang Anda inginkan. Harganya saat ini lebih tinggi dari pesaing terdekatnya, kecepatannya sedikit lebih lambat dan privasinya lebih dipertanyakan. Jika Anda mencari VPN murni atas dasar kecepatan, kami tetap menyarankan untuk meneruskan Hotspot hingga membaik. 

Gambar

TerowonganBeruang

  • Kehilangan kecepatan rata-rata: 63% 
  • Jumlah server: 1.800 di 23 negara
  • Yurisdiksi: Kanada, dengan perusahaan induk AS
  • Harga: $3,33 per bulan, atau $120, untuk paket tiga tahun

TunnelBear mendapat banyak sensasi dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi ketika kami melihat di bawah kapnya dan membandingkannya dengan pesaing VPN-nya, kegembiraan kami berkurang. 

Kecepatan TunnelBear masuk akal. Kami kehilangan hampir 63% kecepatan internet secara keseluruhan saat kami menggunakannya, yang merupakan rata-rata untuk VPN. Kecepatan TunnelBear terus meningkat selama bertahun-tahun seperti yang diukur oleh situs ulasan dan pengujian lainnya, dan skor AS yang kami catat mengalami penurunan kecepatan hanya 54%.

Di sisi positifnya, TunnelBear bertahan dalam kompetisi transparansi di antara VPN dengan menerbitkan hasil audit keamanan independen dan  laporan transparansi tahunan . Tidak ada alamat IP, DNS, atau kebocoran data pengenal pengguna lainnya yang terdeteksi selama pengujian kami, tetapi di masa lalu TunnelBear diamati telah membocorkan informasi WebRTC. Enkripsi VPN TunnelBear adalah standar AES-256 dan mendukung  Kerahasiaan Penerusan Sempurna .

Namun, ini juga merupakan bisnis Kanada yang dimiliki oleh McAfee yang berbasis di AS, jadi jika Anda mencari privasi online internasional yang tahan panggilan pengadilan, Anda bermain api. Ini memegang 23 lokasi server yang remeh dari mana Anda tidak dapat secara manual memilih server VPN Anda atau bahkan kota. Itu tidak menawarkan Tor-over-VPN, ia menawarkan tunneling terpisah hanya di Android dan bahkan tidak dapat membuka blokir Netflix. 

Pada perincian per bulan, paket TunnelBear yang paling murah adalah paket tiga tahun senilai $120. Anda juga dapat pergi bulan ke bulan untuk $10, atau membayar $60 dimuka untuk satu tahun. Either way, TunnelBear menerima pembayaran melalui kartu kredit dan Bitcoin. Tidak seperti VPN lain, tidak menggunakan PayPal. Juga tidak seperti VPN lainnya, VPN ini tidak mendukung  Amazon Fire Stick  atau Android TV.

Gambar

VPN CyberGhost

  • Jumlah server: Lebih dari 6.800 di seluruh dunia di lebih dari 89 negara
  • Jumlah lokasi server: 111
  • Yurisdiksi: Rumania, dengan perusahaan induk Inggris
  • Jumlah koneksi simultan: lima
  • $2,25 sebulan untuk paket tiga tahun, atau $3,49 sebulan untuk paket dua tahun

Dalam cakupan jaringan pribadi virtual HostingAdvice sebelumnya, kami memuji CyberGhost untuk daftar fitur kompetitifnya. Tinjauan mendalam kami  tentang CyberGhost  tahun lalu mencakup pengujian kecepatan, verifikasi keamanan, dan analisis rangkaian lengkap alat privasi. Sejak itu, perusahaan VPN telah meningkatkan jumlah servernya dan bersiap untuk meluncurkan alat privasi baru, sambil tetap menjadi salah satu VPN termurah yang pernah kami ulas — dengan harga $2,25 per bulan untuk paket tiga tahun . 

Namun, karena kami telah memperkuat pendekatan kami terhadap ulasan VPN dalam beberapa bulan terakhir, CyberGhost telah mengangkat beberapa tanda bahaya. Sejarah perusahaan induknya menimbulkan skeptisisme; pengujian kami sebelumnya telah menunjukkannya untuk mengekspos penggunaan VPN Anda ke ISP Anda; pelacak situs web dan aplikasinya lebih banyak daripada yang dijamin; dan pemblokir iklannya menggunakan metode manipulasi lalu lintas yang tidak dapat dipercaya yang   bahkan tidak perlu dipikirkan oleh VPN. Harganya yang rendah sebelumnya membuatnya layak dipertimbangkan jika Anda perlu mengubah tampilan lokasi Anda secara online, tetapi tidak jika Anda menginginkan keamanan terbaik di kelasnya. 

Meskipun kecepatan dan keamanan koneksi CyberGhost tampaknya meningkat, saat ini saya tidak menyarankan menggunakan penyedia layanan VPN jika Anda berada di  negara yang melarang penggunaan VPN . Saya juga menyarankan agar siapa pun di AS meninjau perusahaan induk CyberGhost sebelum memutuskan apakah akan membayar langganan. 

Namun, di sisi positifnya, CyberGhost masih lebih cepat daripada Norton Secure VPN dan lebih sedikit membebani daya pemrosesan perangkat saya selama pengujian. Ia juga menawarkan tunneling terpisah di klien Windows-nya dan servernya diatur dengan rapi ke dalam kategori yang mudah digunakan: server NoSpy, server yang ditujukan untuk torrent, server terbaik untuk streaming, dan server terbaik untuk digunakan dengan alamat IP statis. CyberGhost tidak memberlakukan batasan data dan memungkinkan pengalihan server tanpa batas.

Gambar

VPN Aman Norton

  • Jumlah negara: 29
  • Jumlah server: 1.500 (1.200 virtual)
  • Jumlah lokasi server: 200 di 73 kota
  • Negara/yurisdiksi: AS
  • $40 untuk 12 bulan pertama

NortonLifeLock, yang telah lama dikenal karena keunggulannya dalam produk keamanan, memiliki penawaran yang relatif terbatas dalam produk VPN-nya. Norton Secure VPN tidak mendukung P2P atau BitTorrent, dan tidak mendukung Linux, router, atau dekoder. Kompatibilitas Netflix dan streamingnya agak terbatas. Lebih buruk lagi, selama pengujian, kami mengalami kebocoran data yang membahayakan privasi. 

Selama pengujian HostingAdvice, kecepatan Norton Secure VPN sebanding dengan VPN kelas menengah lainnya tetapi tidak terlalu kompetitif. Meskipun VPN-nya hanya tersedia di empat platform — Mac, iOS, Windows, dan Android — Norton mendapat poin untuk dukungan telepon pelanggan langsung 24/7 dan jaminan uang kembali 60 hari.

VPN FAQ

Karena kita hidup di dunia yang terhubung, keamanan dan privasi sangat penting untuk memastikan keselamatan pribadi kita dari peretasan jahat. Dari perbankan online hingga berkomunikasi dengan rekan kerja setiap hari, kami sekarang sering mentransfer data di komputer dan ponsel cerdas kami. Sangat penting untuk menemukan cara mengamankan kehidupan digital kita dan karena alasan ini, VPN menjadi semakin umum.

Apa VPN terbaik saat ini?

  • ExpressVPN  menerima Penghargaan Pilihan Editor HostingAdvice untuk VPN terbaik secara keseluruhan. Kami mengevaluasi VPN berdasarkan kinerja keseluruhannya dalam tiga kategori utama: kecepatan, keamanan, dan harga. Express bukan yang termurah, tetapi termasuk yang tercepat dan, sejauh ini, adalah yang paling aman. 
  • Surfshark , dengan harga yang lebih rendah, berada di urutan kedua di antara pilihan kami, berkat kinerjanya yang mengesankan dan dukungan perangkat tanpa batas.
  • NordVPN , pilihan ketiga kami, adalah pemukul berat yang tangguh. Biayanya lebih mahal daripada Surfshark tetapi lebih murah daripada Express, memiliki jaringan besar yang terus-menerus menjadi lebih cepat dan lebih aman, dan dengan mudah merupakan layanan paling andal yang telah kami uji.

Bagaimana saya tahu apa yang saya butuhkan di VPN?

Memilih VPN perlu mengetahui dua hal untuk memulai: untuk apa Anda ingin menggunakannya dan untuk apa Anda bersedia membayar. Ada banyak sekali VPN yang tersedia untuk dipilih dari kisaran itu secara luas dalam apa yang mereka tawarkan, tetapi dengan dua jawaban itu, Anda dapat mulai mencari VPN yang memiliki perpaduan yang tepat antara kecepatan, keamanan, dan biaya. Di bawah ini, Anda akan menemukan bagian FAQ spesifik tentang memilih VPN berdasarkan kebutuhan paling umum: bermain game, streaming media, bekerja dari rumah, dan profesi yang sensitif terhadap privasi. Untuk menyelam lebih dalam, lihat panduan terperinci kami  tentang bagaimana kami mengevaluasi dan meninjau VPN .

Apa itu VPN seluler?

Gunakan VPN yang ramah seluler untuk menghindari kecepatan yang lebih lambat dan memastikan privasi data yang lebih besar untuk seluruh perangkat Anda. VPN Seluler umumnya memiliki jejak memori yang lebih kecil, dan membutuhkan daya pemrosesan yang lebih sedikit daripada VPN desktop, sehingga berjalan lebih cepat dan menghemat lebih banyak baterai. Tiga VPN teratas kami yang tercantum di atas semuanya memiliki opsi aplikasi seluler yang sangat baik dan mudah digunakan untuk layanan mereka. Beberapa VPN hanya akan berfungsi dengan satu jenis platform — seperti Apple atau Android — dan beberapa lainnya kompatibel secara universal. Untuk menemukan VPN seluler yang tepat untuk Anda, lihat panduan VPN khusus seluler kami di bawah ini. Kami secara rutin memperbaruinya dengan informasi pengujian ulang kami, jadi sering-seringlah memeriksanya kembali. 

Apa itu VPN situs-ke-situs?

Ini adalah saat teknologi VPN menggunakan perangkat gateway untuk menghubungkan seluruh jaringan di satu lokasi ke jaringan di lokasi lain. Mayoritas VPN situs-ke-situs yang terhubung melalui internet menggunakan IPsec. Daripada menggunakan internet publik, juga normal untuk menggunakan awan pengalih label multiprotokol sebagai transportasi utama untuk VPN situs-ke-situs.

VPN sering didefinisikan antara komputer tertentu, dan dalam kebanyakan kasus, mereka adalah server di pusat data yang terpisah. Namun, situasi akses hibrid baru kini telah mengubah gateway VPN di cloud, biasanya dengan tautan aman dari penyedia layanan cloud ke jaringan internal.

Apa itu VPN akses jarak jauh?

VPN akses jarak jauh menggunakan infrastruktur publik seperti internet untuk menyediakan akses aman bagi pengguna jarak jauh ke jaringan mereka. Ini sangat penting bagi organisasi dan jaringan perusahaan mereka. Sangat penting ketika karyawan terhubung ke hotspot publik dan menggunakan internet untuk mengirim email terkait pekerjaan. Klien VPN di komputer atau perangkat seluler pengguna terhubung ke gateway VPN di jaringan perusahaan. Gateway ini biasanya akan meminta perangkat untuk mengotentikasi identitasnya. Kemudian akan membuat tautan jaringan kembali ke perangkat yang memungkinkannya menjangkau sumber daya jaringan internal seperti server file, printer, dan intranet, seolah-olah berada di jaringan lokal yang sama.

Apa VPN terbaik untuk bekerja dari rumah?

Jika Anda bekerja dari rumah, Anda mungkin berbagi koneksi internet dengan beberapa perangkat dan anggota keluarga atau teman sekamar. Itu banyak koneksi simultan ke VPN dan banyak hambatan di jaringan. Pilih VPN yang memungkinkan Anda menggunakan satu langganan di sebanyak mungkin perangkat dan memiliki kecepatan luar biasa sehingga Wi-Fi Anda tidak macet. Namun, jika pekerjaan Anda melibatkan penanganan informasi sensitif seperti catatan keuangan atau medis, kriteria VPN prioritas Anda adalah keamanan. Tiga pilihan VPN teratas kami adalah yang paling aman yang kami temukan, dan masing-masing memiliki jumlah koneksi berbeda yang mereka izinkan untuk berlangganan tingkat dasar.

Apa VPN terbaik untuk bermain game?

Sebagian besar VPN dipilih berdasarkan keseimbangan antara kecepatan, keamanan, dan biaya. Tetapi jika Anda menginginkan VPN khusus untuk terhubung ke server game di negara lain, kecepatan adalah segalanya. VPN gratis tidak akan cukup cepat, tetapi, untungnya, keamanan kelas atas tidak akan menjadi pemicu biaya, yang memberi Anda lebih banyak  opsi dengan harga terjangkau . Karena semua VPN mengurangi kecepatan — sebagian besar hingga setengahnya atau lebih — itu berarti memilih satu dari kumpulan yang  berkinerja terbaik dalam uji kecepatan kami . Dalam pengujian tahun 2021, Surfshark berhasil memenangkan perlombaan kecepatan kami sambil tetap menjadi salah satu VPN paling murah yang pernah kami lihat. Jika Anda berfokus pada VPN untuk konsol game, lihat  VPN terbaik kami untuk Xbox .

Apa VPN gratis terbaik?

Tidak satupun dari mereka. Dengan serius. Meskipun ada banyak aplikasi keamanan dan privasi gratis yang sangat baik secara online, sayangnya VPN tidak termasuk di antaranya. VPN yang aman menghabiskan banyak uang bagi perusahaan untuk mengoperasikan dan menjaga keamanannya, dan yang gratis hampir selalu merupakan pengintai data yang sarat malware. Namun ada kabar baik: Pasar VPN yang sedang berkembang sangat kompetitif saat ini, jadi harga untuk VPN terbaik pun secara teratur turun menjadi kurang dari $5 per bulan. Faktanya, VPN paling murah yang pernah kami lihat sejauh ini menempati peringkat tiga VPN teratas kami secara keseluruhan untuk keamanan dan kecepatan. Lihat  daftar singkat VPN hemat anggaran kami  untuk menemukannya dalam kisaran harga Anda.

Apa VPN paling aman untuk privasi?

Jika Anda seorang jurnalis, pengacara, atau profesional di bidang sensitif privasi lainnya, lupakan kecepatan dan harga saat memilih VPN. Fokus, sebaliknya, sepenuhnya pada keamanan. VPN Anda mungkin agak lambat tetapi, baik untuk VPN maupun iring-iringan mobil kepresidenan, kecepatan selalu menjadi trade-off untuk privasi. Hindari VPN gratis, VPN berbasis browser, dan VPN apa pun yang berkantor pusat di AS atau negara Lima Mata lainnya. Awasi enkripsi: VPN Anda harus menawarkan protokol yang disebut OpenVPN TCP (untuk aplikasi selulernya, IKEv2 tidak masalah). Anda mungkin menemukan panduan  kami tentang evaluasi VPN  berguna. Meskipun kecepatan memang memainkan faktor dalam peringkat kami, tiga VPN teratas kami semuanya dipilih oleh jurnalis veteran, diteliti dan ditinjau dengan independensi editorial penuh, dengan mempertimbangkan profesi yang paling sensitif terhadap privasi.

Bagaimana cara menggunakan VPN untuk Netflix?

Jika Anda tinggal di negara yang menyensor medianya atau bepergian ke negara tersebut, konten yang dibatasi secara geografis sangat merepotkan. Anda dapat menggunakan VPN untuk menghindari penyensoran atau mengakses konten media normal negara asal Anda untuk layanan streaming online seperti Netflix dan Hulu. Pilih VPN yang memungkinkan Anda secara manual memilih negara mana yang ingin Anda hubungkan dan memiliki sesuatu yang disebut  obfuscation . (Tiga pilihan teratas kami menawarkan ini.) Jika Anda ingin mencoba VPN lain, pilih salah satu dengan banyak alamat IP, sebaiknya 10.000 atau lebih. Setelah Anda menginstal VPN, sambungkan ke negara yang kontennya ingin Anda lihat, mulai ulang browser Anda dan buka situs streaming. Jika VPN Anda berfungsi, situs akan memperlakukan Anda sebagai penduduk negara pilihan Anda dan menyajikan konten yang ditetapkan untuk pemirsa tersebut kepada Anda.

Lebih banyak panduan layanan internet

Apakah artikel ini berguna?

Leave a Reply