Ulasan Surfshark VPN: Kelebihan & Kelemahan (2022)

VPN yang cepat ini membuat merek-merek terkenal berlomba untuk mendapatkan uang mereka.

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Meskipun Surfshark lebih baru daripada rekan-rekannya yang lebih lama dan lebih mudah dikenali, Surfshark bergerak cepat untuk memantapkan dirinya sebagai opsi VPN yang sangat kompetitif. Meskipun memiliki armada server yang lebih kecil daripada  NordVPN  atau  ExpressVPN , Surfshark menebusnya dengan fitur-fiturnya yang mengesankan dan kecepatan yang kompetitif. VPN yang hemat anggaran juga memiliki pengaya privasi yang lebih dapat dikonfigurasi daripada layanan terkemuka seperti  IPVanish . 

Saya merekomendasikan Surfshark untuk dukungan perangkatnya yang tidak terbatas, kecepatannya yang luar biasa, dan rangkaian fitur keamanan dan privasi yang kaya. 

SUKA

  • Kecepatan terdepan di pasar
  • Harga doorbuster
  • VPN Multihop

JANGAN SUKA

  • Kebijakan privasi bisa menggunakan lebih detail

Baca lebih lanjut :  Bagaimana kami meninjau VPN di HostingAdvice

Kecepatan

  • Kehilangan kecepatan rata-rata: 53% kecepatan hilang dalam  tes musim gugur 2021 
  • Jumlah server: 3.200+  
  • Jumlah lokasi server: 65 negara 
  • Alamat IP statis opsional tersedia 

Saya menjalankan tes kecepatan selama tiga hari dengan alamat IP dinamis menggunakan koneksi nirkabel dan ethernet. Kecepatan internet  di Indonesia sangat bervariasi  menurut wilayah dan penyedia. Dan dengan tes kecepatan apa pun, hasilnya akan bergantung pada infrastruktur lokal Anda, dengan layanan internet hyperfast yang menghasilkan hasil kecepatan tes yang lebih tinggi. 

Itulah salah satu alasan saya lebih tertarik untuk menguji jumlah kecepatan yang hilang (yang untuk sebagian besar VPN biasanya setengah atau lebih) di kedua jenis koneksi berkecepatan tinggi dan lebih lambat, dan dalam menggunakan alat seperti  Speedtest.net  untuk menyamakan kedudukan . Dalam kasus Surfshark, hanya 17% dari kecepatan internet rata-rata yang hilang. Itu bahkan lebih cepat daripada penurunan kecepatan 27% yang saya ukur pada 2019, dan menjadikan Surfshark VPN tercepat saat ini dalam uji kecepatan musim gugur 2020 kami. 

Kecepatan cepat Surfshark selama pengujian mendorong layanan segera melewati kecepatan yang diuji NordVPN, yang rata-rata kehilangan kecepatan 53%, dan di depan VPN intensif kecepatan lainnya seperti ExpressVPN dan IPVanish. Ini sangat mengesankan mengingat ukuran armada server Surfshark yang relatif kecil. 

Hal yang luar biasa tentang kecepatan Surfshark adalah bahwa kecepatan rata-ratanya tidak berjuang untuk mengatasi kehilangan kecepatan besar di wilayah pengujian tertentu. Hal ini muncul pada hari perlombaan dan mencuri emas, tampaknya tanpa berkeringat. Selama pengujian, kecepatan dasar non-VPN saya rata-rata 194 megabit per detik, sedangkan rata-rata keseluruhan Surfshark adalah 161Mbps. Setelah mengambil rata-rata lima lokasi pengujian, tidak satu pun rata-rata dari lokasi tersebut turun di bawah 100Mbps. Itu adalah kemenangan menyeluruh melawan para pesaingnya di setiap kolom pengujian.

Surfshark mencatat rata-rata 204Mbps pada koneksi AS. Ini mengungguli rekan-rekannya selama tes Inggris dan Eropa, masing-masing rata-rata 165Mbps dan 171Mbps. Kemudian rata-rata 126Mbps di Australia, sebelum rata-rata 142Mbps di Singapura. Ini adalah kecepatan yang belum pernah saya lihat dari VPN mana pun yang telah saya uji sejauh ini.

Baca lebih lanjut :  Semua istilah VPN yang perlu Anda ketahui

Keamanan dan Privasi

  • Yurisdiksi: Kepulauan Virgin Britania Raya 
  • Enkripsi: AES-256-GCM, RSA-2048, Kerahasiaan Penerusan Sempurna 
  • Tidak ada kebocoran yang terdeteksi 
  • Termasuk saklar mematikan 

Saya suka bahwa Surfshark bermarkas di Kepulauan Virgin Britania Raya, yang umumnya dianggap sebagai negara yang ramah privasi karena kurangnya perjanjian berbagi pengawasan dengan negara lain. Meskipun merupakan wilayah Inggris Raya, Kepulauan Virgin Britania Raya adalah yurisdiksi hukum terpisah untuk Inggris Raya tanpa undang-undang penyimpanan data. Dan Pengadilan Tinggi nasionalnya secara historis menolak permintaan catatan bisnis ekstra-nasional. 

Meskipun hampir tidak mungkin untuk memverifikasi apakah VPN menyimpan log data penggunaan,  kebijakan privasi Surfshark  menegaskan bahwa itu melampaui praktik VPN biasa, tidak menyimpan log koneksi yang mengidentifikasi lokasi dan memungkinkan Anda untuk menyisih dari laporan kerusakan diagnostik yang diaktifkan secara default. Yang mengatakan, saya masih lebih suka melihat lebih banyak detail yang disempurnakan dalam kebijakan. 

Enkripsinya adalah standar AES-256-GCM, dan mendukung Perfect Forward Secrecy, yang berarti sering mengubah kunci enkripsi untuk menghindari kompromi keamanan. Perusahaan menawarkan fitur saklar mematikan yang berguna, yang mencegah data jaringan bocor di luar terowongan VPN aman mereka jika koneksi VPN gagal. Pengaya browser Surfshark untuk Chrome dan Firefox juga telah diaudit secara independen  oleh firma riset keamanan Cure 53 . 

Tidak ada alamat IP, DNS, atau kebocoran data pengenal pengguna lainnya yang terdeteksi selama pengujian saya. Saya tidak mendeteksi kebocoran WebRTC, yang umum terjadi di antara VPN karena masalah browser yang lebih luas dan terkenal. Bahkan jika Anda tidak membutuhkannya, patut diperhatikan bahwa Surfshark menawarkan  plug-in browser khusus  untuk mencegah kebocoran WebRTC tambahan. 

Jika Anda khawatir tentang privasi DNS di perangkat seluler, Surfshark juga menawarkan aplikasi mandiri  Trust DNS dari Google Play Store . Dalam istilah yang paling sederhana, ini merutekan ulang permintaan informasi situs web dari browser Anda dan mengirimkannya ke Surfshark alih-alih penyedia layanan internet Anda. Mengubah rute informasi DNS dengan cara ini dapat membantu Anda melewati tembok sensor dan menjauhkan perusahaan telekomunikasi Anda dari bisnis Anda. 

Apa yang membuat Surfshark menonjol dari layanan lain yang baru-baru ini kami ulas di HostingAdvice? Ini menawarkan VPN multihop. Untuk lapisan perlindungan tambahan, Anda dapat memberi tahu Surfshark untuk mengirim lalu lintas internet Anda melalui server di dua negara, bukan hanya satu. VPN multihop dapat sangat berguna dalam mencegah informasi Anda diidentifikasi jika pelanggaran keamanan terjadi di salah satu pusat data VPN itu sendiri.

Biaya 

  • Kegunaan: Intuitif dan segar 
  • Platform: Linux, Windows, Android, MacOS, iOS, Android TV, dan Amazon Fire TV  
  • Harga:  $2,49 per bulan untuk paket dua tahun  
  • Jumlah koneksi simultan: Tidak terbatas

Surfshark tidak memberlakukan batasan data, dan memungkinkan pengalihan dan torrent server tanpa batas. Saya juga tidak punya masalah menggunakannya untuk mengakses Netflix. Dalam langkah langka untuk VPN, ia menawarkan koneksi simultan tanpa batas. Fungsionalitas ini dikemas dalam antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan yang baru-baru ini mengalami perombakan yang apik. 

Saya senang melihat banyak fitur tambahan opsional yang biasanya tidak Anda harapkan dari penyedia VPN berbiaya rendah. CleanWeb, fitur anti-pelacakan pemblokiran iklan, tersedia untuk semua akun. Untuk satu dolar lebih sebulan, Anda dapat memilih untuk mendapatkan Blindsearch, mesin pencari pribadi nonlogging Surfshark, dan Hacklock, alat yang terus-menerus mencari di internet untuk melihat apakah alamat email Anda telah terpengaruh oleh pelanggaran data. 

Surfshark saat ini sesuai dengan namanya dengan skema harga yang agresif. Pada September, harganya  $2,49 per bulan untuk paket dua tahun (total $59,76) . Tawaran itu sesuai dengan  paket dua tahun NordVPN dengan harga $3,71 per bulan (total $89) , dan  paket satu tahun IPVanish dengan harga $5,20 per bulan ($62 per tahun) . Pada paket enam bulannya, Surfshark berharga $6,49 per bulan (total $38,94). Ini juga menawarkan paket bulanan seharga $ 12,95. 

Bersamaan dengan kredit atau debit, Anda dapat membayar melalui PayPal, Alipay, atau Bitcoin dan mendapatkan jaminan uang kembali 30 hari. Situs ini menawarkan dukungan obrolan 24/7, dan sejumlah artikel dan tutorial dukungan yang sehat. 

Apakah artikel ini berguna?

Leave a Reply