Ulasan ExpressVPN: Kelebihan & Kelemahan (2022)

Kami merekomendasikan ExpressVPN sebagai pilihan yang sangat baik untuk pemula dan profesional privasi.

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Hosting Advice didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

ExpressVPN telah mengungguli paket  jaringan pribadi virtual  (VPN) pada tahun 2020, menawarkan kecepatan luar biasa dan reputasi keandalan dan keamanan. Antarmukanya yang mudah dinavigasi menjadikannya pilihan yang tepat bagi pendatang baru yang baru belajar tentang VPN, dan kompatibilitas multiplatformnya memperluas nilainya ke basis konsumen yang luas. Faktor-faktor ini lebih dari sekadar membenarkan harga ExpressVPN yang sedikit lebih tinggi dari rata-rata, mulai dari $6,67 per bulan. 

Kami merekomendasikan ExpressVPN sebagai pilihan yang sangat baik untuk pemula dan profesional privasi. Cari tahu lebih lanjut tentang  bagaimana kami meninjau VPN di sini . 

Baca lebih lanjut:  Layanan VPN terbaik untuk tahun 2021

SUKA

  • Kecepatan kompetitif
  • Suite keamanan yang solid
  • Perusahaan berbasis di yurisdiksi ramah privasi.

JANGAN SUKA

  • Harga di atas rata-rata
  • Jumlah terbatas koneksi simultan
  • Tidak ada ekstensi browser Safari ExpressVPN untuk keamanan WebRTC

Kecepatan

  • Kehilangan kecepatan rata-rata: 52% kecepatan hilang dalam  tes musim gugur 2021 
  • Jumlah server: 3.000-plus
  • Jumlah lokasi server: 160 di 94 negara (empat di Hong Kong)
  • Jumlah alamat IP: 30.000

Saya menjalankan tes kecepatan ExpressVPN saya selama tiga hari, menggunakan koneksi nirkabel dan Ethernet. Kecepatan internet  di Indonesia sangat bervariasi  menurut wilayah dan penyedia. Dan dengan tes kecepatan apa pun, hasilnya akan bergantung pada infrastruktur lokal Anda, dengan layanan internet hyperfast yang menghasilkan hasil kecepatan tes yang lebih tinggi. Itulah salah satu alasan kami lebih tertarik pada jumlah kecepatan yang hilang, yang biasanya setengah atau lebih untuk sebagian besar VPN. 

Dalam kasus ExpressVPN, saya kecewa melihat penurunan kecepatan 52% pada pengujian tahun 2020 dibandingkan dengan penurunan kecepatan 2% yang tak terkalahkan yang diukur pada tahun 2019. Jangan salah, ExpressVPN masih merupakan iblis kecepatan. Selama pengujian tahun 2020 saya, kecepatan non-VPN saya rata-rata 193 Mbps, dan kecepatan rata-rata global keseluruhan ExpressVPN adalah 93 Mbps. Kecepatan puncak dicapai pada koneksi Eropa, rata-rata sekitar 122 Mbps antara Frankfurt, Berlin dan Paris.

Kecepatan Australia mengungguli Inggris dengan rata-rata 101 Mbps dan 86 Mbps, masing-masing. Di antara keduanya, bagaimanapun, Inggris menangkap skor tinggi individu yang lebih baik, mencapai 157 Mbps dalam satu tes dibandingkan dengan skor putaran tunggal tertinggi di Australia yaitu 136 Mbps. Skor Singapura juga mengungguli Inggris dengan hanya tiga poin pada 89 Mbps. Skor AS adalah tempat rata-rata ExpressVPN terseret: kecepatan AS rata-rata hanya 66 Mbps, meskipun mencapai hingga 134 Mbps pada satu putaran pengujian. 

Anda dapat menggunakan ExpressVPN di berbagai perangkat. ExpressVPN

Setelah menggandakan kembali untuk memeriksa peralatan saya dan mendapatkan rentang kecepatan yang sama dalam pengujian ulang, hasil saya tampak konsisten dengan situs lain yang pengujian kecepatan otomatisnya saya percayai. Saya menghubungi ExpressVPN untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan penurunan kecepatan baru-baru ini. Perusahaan memeriksanya, dan mengatakan beberapa pengujian internalnya melihat kecepatan antara 200 dan 275 Mbps menggunakan protokol OpenVPN — hasil yang jauh di atas saya sendiri.

“Kami pikir satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa ada kejenuhan jaringan antara ISP Anda dan pusat data kami selama periode waktu yang Anda uji, yang sekali lagi seharusnya bukan hasil yang umum,” kata juru bicara ExpressVPN.

Perusahaan juga mengatakan bahwa kecepatan dapat ditingkatkan karena mentransisikan infrastruktur OpenVPN ke Lightway, protokol internal berdasarkan Wireguard, yang saat ini sedang dalam pengembangan. 

Keamanan dan Privasi

  • Yurisdiksi: Kepulauan Virgin Britania Raya 
  • Enkripsi: AES-256, kunci RSA 4096-bit, Kerahasiaan Penerusan Sempurna
  • Tidak ada kebocoran yang terdeteksi
  • Termasuk saklar mematikan

Kami menyukai bahwa ExpressVPN berkantor pusat di Kepulauan Virgin Britania Raya, yang umumnya dianggap sebagai negara yang ramah privasi karena kurangnya perjanjian berbagi pengawasan dengan negara lain. Meskipun merupakan wilayah Inggris Raya, Kepulauan Virgin Britania Raya adalah yurisdiksi hukum terpisah untuk Inggris Raya tanpa undang-undang penyimpanan data, yang Pengadilan Tinggi nasionalnya secara historis menolak permintaan catatan bisnis ekstranasional.

Enkripsinya adalah standar AES-256, dan mendukung Perfect Forward Secrecy, yang berarti sering mengubah kunci enkripsi untuk menghindari kompromi keamanan. Perusahaan menawarkan fitur sakelar pemutus yang berguna, yang mencegah kebocoran data jaringan di luar terowongan VPN amannya jika koneksi VPN gagal.

Kebijakan privasi ExpressVPN yang  panjang  secara eksplisit dalam  pendiriannya terhadap penyimpanan log  data pengguna yang mengidentifikasi pribadi. Seperti hampir setiap VPN, VPN ini mengumpulkan data terkait pemeliharaan termasuk pilihan lokasi server, jumlah total data yang ditransfer, waktu koneksi server, dan versi aplikasi mana yang telah Anda instal. Anda dapat memilih untuk mengirimkan laporan kerusakan perusahaan untuk membantu meningkatkan diagnostik.

Salah satu cara paling jelas yang dapat dibuktikan oleh penyedia VPN bahwa mereka tidak menyimpan log adalah dengan membuat servernya disita oleh pihak berwenang. Itulah tepatnya yang terjadi pada ExpressVPN pada tahun 2017, ketika penyelidikan atas pembunuhan duta besar Rusia Rusia tahun 2016, Andrei Korlov, membuat pihak berwenang Turki  menyita salah satu server ExpressVPN untuk  mencari log percakapan kriminal. Pihak berwenang datang dengan tangan kosong, dan sejak itu ExpressVPN mempertahankan reputasi tanpa pencatatan.

Pada tahun 2019, perusahaan masuk ke mode RAM-disk, yang berarti tidak menyimpan apa pun di hard drive. Itu bukan sesuatu yang ditawarkan setiap VPN. NordVPN, misalnya, hanya pindah ke penggunaan RAM-disk penuh sebagai  respons keamanan  setelah  pelanggaran tahun ini . Yang mengatakan, sekitar 3% dari armada server ExpressVPN adalah server virtual (yang sering dikatakan kurang aman daripada mesin fisik), tetapi server virtual tersebut,  kata perusahaan , terbatas untuk digunakan di negara-negara tanpa infrastruktur jaringan pendukung yang cukup, atau yang di mana memiliki perangkat keras akan lebih berisiko, seperti Turki. 

Tidak ada alamat IP, DNS, atau kebocoran data pengenal pengguna lainnya yang terdeteksi selama pengujian kami. Meski begitu, kami merekomendasikan beberapa kehati-hatian di sini. Sebelumnya pada tahun 2019, pengulas di  ProPrivacy  mendeteksi kebocoran IPv6 pada MacOS dan Windows selama pengujian. Kebocoran itu seharusnya tidak mengejutkan; sepotong teknologi yang terpasang di sebagian besar browser yang disebut  WebRTC  — digunakan untuk membantu menjalankan aplikasi suara dan video — diketahui memiliki masalah kebocoran data, bahkan jika Anda menggunakan VPN.

Kebocoran semacam itu dapat membahayakan identitas dan lokasi Anda, tetapi, meskipun terdengar rumit bagi rata-rata pengguna, mudah untuk menghindarinya. ExpressVPN browser add-ons pasang paling kesenjangan, dan Anda bisa mendapatkan mereka membebaskan melalui perusahaan  user-friendly berjalan-melalui  on menonaktifkan WebRTC. Anda juga dapat menguji sendiri kebocoran IPv6, terlepas dari situs ExpressVPN, dengan membuka Uji Kebocoran IPv6 yang banyak digunakan yang   disediakan oleh VPN pesaing, Akses Internet Pribadi, gratis (jika Anda fasih di internet, kami merekomendasikan standby klasik ,  IPLeak ).

Biaya 

  • Kegunaan: Antarmuka yang halus dan mudah dinavigasi
  • Platform: Mac, Windows, Android, iOS, Linux, dan  banyak lainnya
  • Harga:  3 bulan gratis dengan paket berlangganan 1 tahun
  • Jumlah koneksi simultan: 5

Antarmukanya yang bersih, opsi server yang mudah dinavigasi, dan koneksi sekali klik menjadikan ExpressVPN pilihan yang ramah bagi pendatang baru VPN. ExpressVPN memiliki hampir semua opsi konfigurasi yang sama yang mungkin Anda temukan di VPN yang ditujukan untuk pengguna bertenaga, tetapi jauh lebih ramah bagi pemula yang berpikiran privasi. ExpressVPN juga menawarkan dukungan layanan pelanggan 24/7 melalui obrolan langsung, dengan opsi email dan potongan video tutorial. 

Pengaturan di desktop dan seluler sangat mudah. Ini tidak hanya berfungsi di sebagian besar sistem operasi — baik desktop atau seluler — tetapi 10 konsol streaming media, sembilan merek router, dan bahkan e-reader. ExpressVPN tidak memberlakukan batasan data, memungkinkan pengalihan dan torrent server tanpa batas, dan kami tidak memiliki masalah menggunakannya untuk mengakses Netflix. Namun, tidak seperti beberapa pesaing, Anda hanya dapat menjalankan  lima perangkat secara bersamaan  dalam satu langganan.

Harganya sedikit lebih tinggi daripada banyak pesaingnya, tetapi kami masih yakin itu sepadan. Paket terbaik ExpressVPN dihargai $6,67 per bulan  untuk paket tahunan, yang mencakup tiga bulan gratis. Itu memang menawarkan jaminan uang kembali 30 hari. Anda dapat membayar dengan kartu kredit, PayPal atau melalui Bitcoin. 

Apakah artikel ini berguna?

Leave a Reply